BaliBlogger

JERAWAT



Apabila pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan peradangan karena menimbulkan nanah ini biasa kita sebut dengan jerawat. Biasanya jerawat timbul pada saat kita mengalami strees, menstruasi, kehamilan dll. pada masa-masa pubertas juga sering menimbulkan jerawat, banyak beranggapan bahwa jerawat muncul karena anak sudah akil balikh, itu hanya pendapat segelintir orang yang belum memahami pada kondisi mana jerawat itu muncul.

Ada istilah komedo dalam kita memahami jerawat, arti singkatnya komedo adalah pori-pori yang tersumbat, komedo ini timbul karena produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Banyak iklan-iklan yang menawarkan pembersih wajah untuk mengurangi minyak yang berlebih pada wajah, tapi itu  semua tergantung dari jenis kulit kita sendiri.

Seperti yang dibahas diatas penyebab-penyebab utama munculnya jerawat pada dasarnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, dan obat-obatan. Jadi disarankan ketika muncul jerawat jangan langsung dipencet atau digaruk, biarkan jerawat itu masak atau pecah dengan sendirinya., karena banyak kasus yang bersiul bisa menyebabkan infeksi dan luka yang membesar.

Bagi para pengguna kosmetik, gunakanlah kosmetik seperlunya saja, hindari semenor mongkin karena banyak bahan-bahan kimiawi yang terkandung dalam kosmetik yang bisa menyumbat pori-pori. Banyak dari penderita jerawat yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat mereka, akan tetapi tidak mendapat hasil yang maksimal. Hindari penggunaan jarum suntik untuk menghilangkan jerawat. jangan sampai mengobati malah jadi tambah parah. Usahakan wajah bersih saat akan istirahat dirumah dan saat tidur jangan menggunakan kosmetik, bersihkan wajah saat pagi dan sore hari.

Ada cara alami untuk mengatasi jerawat, mungkin banyak dari kita sudah tau caranya yaitu dengan menggunakan daun pepaya, dengan mengambil beberapa helai daun pepaya dan jemur, setelah dijemur lalu haluskan dan berikan air secukupnya lalu peras dan ambil sarinya, nah sarinya itu yang dioleskan pada jerawat. Cara alternatif lain dengan lobak, yaitu dengan memarut lobak tersebut lalu ambil airnya, tambahkan sedikit cuka apel campur hingga rata, oleh deh kewajah biarkan sampai mengering lalu bersihkan. 

Saran, Lebih baik menggunakan cara-cara yang alami daripada harus menggunakan kosmetik yang mengandung banyak bahan kimiawi. jangan takut dengan jerawat tetap jadi diri sendiri dan lawanlah jerawatmu. Konsultasikan ke dokter apabila terjadi hal-hal yang kita tidak mengerti.

Tetap semangat, Selalu mencari tau apa yang belum kita tau. 

Thanks.

0 komentar:

Posting Komentar