BaliBlogger

WASPADA PENYAKIT MALARIA



Secara mudah malaria merupakan penyakit yang menginfeksi sel darah merah. Yang membawa penyakit ini adalah nyamuk. Nyamuk tersebut membawa parasit, sehingga apabila seorang manusia tergigit nyamuk, lalu parasit itu hinggap didalam hati dan bertelur dan menjadi banyak atau mengembang sehingga para parasit ini tumbuh dan berkembang dalam sel darah merah dan membuat orang menjadi demam, menggigil, nyeri persendian dan berkeringat.

Malaria merupakan penyakit berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bila tidak di tangani dengan serius. Penyakit ini paling banyak berada di daerah yang beriklim tropis, seperti indonesia. Kita lihat thailand juga sering mendapat kasus malaria selain indonesia. Sehingga kita harus waspada terhadap nyamuk yang membawa parasit ini. Dalam berbagai kasus terahir, malaria sudah menjadi penyakit yang berbahaya di inidonesia sendiri sehingga banyak diantaranya terkena khususnya anak-anak.

Untuk mencegah penyakit ini hindari gigitan nyamuk pada pagi dan sore hari, gunakan obat-obat anti nyamuk seperti lotion anti nyamuk, atau menggunakan obat nyamuk sebelum tidur. Sebelum anda pergi ke negara tropis lainnya sebaiknya anda memeriksa keadaan ke dokter karena bukan tidak mungkin anda juga akan terkena.

Penyakit ini mungkin terlihat sangat kecil dan mudah, tapi alangkah baiknya untuk selalu waspada dan penuh perhatian terhadap keluarga. Jangan lupa mencegahnya. Kalau kita hidup sehat, kelancaran untuk kita melaksanakan aktifitaspun akan lancar.

Nama parasit yang bisa menyerang manusia ada 4 yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale dan plasmodium palcifarum.

Tetap semangat, selalu mencari tau apa yang belum kita mengerti.

Thanks .

1 komentar:

  1. iya, apalagi di musim hujan gini, nggak cuma malaria doang, banyak banget penyakit yang berbahaya ya

    Blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com , nggak ada gadget followernya ya? follow blog saya ya gan, thanks

    BalasHapus