BaliBlogger

SEJARAH SIR ISAAC NEWTON




Penulis blog menulis ini karena fans berat Isaac Newton. Mari kita lebih dekat lagi dengannya.

Sir Isak Newton dilahirkan di Lincolnshire pada 25 Desember 1642, dan menerima gelar bangsawan dari Ratu Anne pada 1705. Mempunyai kepahaman mendalam dan keahlian di banyak bidang. Newton bukanlah orang biasa, dia mempelajari banyak hal seperti fisika, matematika, astronomi, teologi, filosofi dan alkimia, yang waktu itu dianggap sebagai sebuah kekuatan sihir.

Berdasarkan legenda populer, dia menemukan sifat dasar daya tarik bumi ketika duduk bersandaran dipohon apel dan satu apel jatuh mengenai kepalanya. Menurut pengakuannya. Dia hanya mengamati apel jatuh dari pohon. Adapun yang sebenarnya terjadi adalah dia merenungi fakta bahwa benda yang jatuh setiap hari dan dalam waktu beberapa tahun memformulasikan hukum grafitasi universal. Selama beberapa abad terahir, hukum ini dilampaui oleh teori relativitas umum dari enstein, tetapi masih diterima sebagai sebuah taksiran, kecuali dalam kasus benda yang sangat besar atau dibutuhkan akurasi yang sangat tinggi.

Aristoteles berpendapat cahaya disebutkan memiliki warna putih. Newton adalah orang pertama yang menentang kebijakan ini ketika dia dengan berani menunjukkan bahwa cahaya matahari yang melalui sebuah prisma terpecah menjadi sebuah spektrum warna yang utuh, oleh karena dia salah berasumsi dalam masalah ini, bahwa teleskop yang membiaskan cahaya dapat menyebabkan masalah, dia lebih memilih menemukan teleskop pemantul.

Mendekati abad ke – 17 Newton memusatkan perhatiannya kepada usaha mengukur suhu, ketika dia merancang sebuah termometer menggunakan skala newton, dengan 33 derajat sebagai titik didihnya. Dia kemudian memutuskan untuk memanaskan minyak biji rami dan membandingkan volumenya antara suhu salju mendidih dan pada saat meleleh.

Newton memilliki minat besar pada agama, walaupun dia bukan penganut kristen yang saleh. Ayahnya wafat sebelum ia dilahirkan dan kemudian ibunya menikah lagi dengan seorang pendeta, tetapi rumah tangganya tidak akur. Dikabarkan, newton menerima kepercayaan kaum Arian yang dianggap sebagai bid’ah besar bagi umat kristen. Ketika dia melihat ayat-ayat alkitab, menelaah informasi yang ada didalamnya, dia menulis berbagai catatan religi, percaya bahwa dia adalah salah satu yang dipilih tuhan untuk menerangi makna yang berada dalam alkitab.

Beberapa dokumen karyanya yang tidak pernah diterbitkan meramalkan bahwa dunia akan berakhir pada 2060, atau alternatifnya sebuah negara baru akan tercipta, dunia yang dirahmati oleh kebesaran ilahi. Newton wafat pada tanggal 31 maret 1727 di london. Di kebumikan di westminster abbey.

Sekian kisah singkat tentang Sir Isaac Newton.

Thanks.

1 komentar:

  1. Newton mendapat gelar bangsawan(Sir) dari raja Inggris karena jasa beliau untuk dunia yg mengharumkan nama kerajaan Inggirs

    BalasHapus